KOMINFOSANDI HADIRI BIMTEK SIGA-BN BAGI KABUPATEN/KOTA

  • Admin Kominfosandi
  • 15 November 2019
  • Dibaca: 114 Pengunjung

Dalam rangka koordinasi teknis pelaksanaan dekosentrasi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, bertempat di Hotel Aston, Jln. Gatsu Barat No. 283 Denpasar, pada Hari Rabu-Kamis, ( 13 -14 Nov 2019), diselenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Gender dan Anak Bersekala Nasional (SIGA-BN).
Tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola data gender dan anak di Kab./Kota dalam penggunaan SIGA, serta meningkatkan persentase Perangkat Daerah yang mempunyai data terpilah.
Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 28 orang terdiri dari unsur : Bappeda Kab./Kota, Dinas
Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Provinsi Bali, DP3A Kab./Kota, Dinas Kominfosandi Kab. Buleleng.

Bimtek SIGA-BN Kab./Kota ini dipimpin dan dibuka oleh Kadis DP3A Prov. Bali, DRH. Luh Ayu Aryani, MP., yang sambutannya mengatakan bahwa data terpilah yang akuntabel sangat bermanfaat untuk melihat permasalahan dalam pembangunan dan akhirnya dapat mengidentifikasi isu tentang perempuan dan anak yang nantinya dapat dipakai sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan dan program pembangunan yang responsive gender. Data terpilah ini digunakan sebagai konvensi penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita dan perlindungan terhadap anak.
Bertindak selaku narasumber dlm bimtek ini adalah dari Kementerian PPPA RI, Bappeda Litbang Provinsi Bali, DP3A Prov. Bali.
Materi yang disampaikan seputar Pengarus Utamaan Gender (PUG), serta Pentingnya SIGA-BN dalam mendukung satu data nasional.
Bimtek SIGA-BN ini berlangsung selama 2 hari yaitu  Rabu, tgl.13 November 2019, dan Kamis, tgl. 14 Nov.2019 s/d pkl. 16.00 Wita.
Diakhir acara disusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) dalam bentuk nota kesepakatan yang dibuat dan ditandatangani oleh peserta dari DP3A Provinsi dan DP3A Kab./Kota.
Hadir mewakili Kadis Kominfosandi Buleleng yaitu Kasi PIP Dinas Kominfosandi Kab. Bll, Ketut Reniati, SE, MAP. (ren/plip)

Share Post :