Pembinaan Pengamanan Informasi Siber Tahun 2020 

  • Admin Kominfosandi
  • 12 Pebruari 2020
  • Dibaca: 89 Pengunjung

Pada hari ini Selasa, 11 Februari 2020, pukul 10. 30 wita, bertempat di ruang rapat Dinas Pertanian Kab. Buleleng, Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng melalui Bidang Persandian dan Statistik menyelenggarakan Pembinaan Pengaman Infomasi Siber pada Dinas Pertanian Kab. Buleleng. 

Adapun tujuan pembinaan adalah meningkatkan kesadaran, pemahaman akan keamanan informasi dan melindungi data pribadi kepada jajaran pimpinan dan pejabat struktural serta admin, staf di seluruh OPD Kab. Buleleng. Pembinaan kali ini di gabung dengan Rakor Persandian Provinsi Bali,dalam rangka Sinergitas Kolaborasi penerapan CIRT di seluruh Bidang Persandian se Prop Bali. Sebagai peserta dari Distan Kab. Buleleng beberapa pejabat struktural dan staf admin, sedangkan peserta Rakor Persandian adalah wakil dari seluruh Bidang Persandian se Prov. Bali. 

Acara di buka oleh Kadis Kominfosanti Kab. Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si. 

Dalam sambutannya Kadis Kominfosanti menyampaikan ucapan terima kasih pada Diskominfos Prov. Bali telah menunjuk Diskominfosanti Buleleng sebagai narasumber sinergitas kolaborasi penerapan CIRT dan pelenggaraannya di Kabupaten Buleleng. 

Selanjutnya penyampaian materi pembinaan sekaligus materi penerapan CIRT oleh Kabid Persandian Putu Gopi Suparnaca, S.Sos, diantaranya menyinggung tentang ancaman dunia siber kedepan dan cara pencegahannya. 

Dalam rangka melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) salah satunya dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Karena TTE menjamin keutuhan, kerahasiaan, ketersediaan dan nir penyangkalan. Gopi mengajak di tahun 2020 ini agar seluruh OPD Kab. Bllng menerapkan TTE baik off line maupun online. 

Sesi tanya jawab merupakan rangkaian terakhir kegiatan pembinaan informasi siber dan rakor persandian Provinsi Bali 

Acara ditutup kembali oleh Kadis Diskominfosanti Kab. Buleleng. 

Pada kesempatan ini Kasi Talosan Desak Putu Gawati,SH, Kasi OPP Komang Ery Marta Pariata,ST dan Kasi Statistik Data Sektoral Dwi Wahyuni beserta staf persandian hadir mengikuti giat ini. (gopi/santi)

Share Post :