Kominfosandi Sediakan Hotspot Gratis Untuk Masyarakat

  • Admin Kominfosandi
  • 20 Juni 2017
  • Dibaca: 60 Pengunjung

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng semenjak tahun 2013 secara bertahap telah menyediakan fasilitas layanan internet gratis (free hotspot) untuk masyarakat di beberapa ruang publik di Kabupaten Buleleng. Salah satu ruang publik yang paling ramai dikunjungi adalah Taman Kota Singaraja. Sebagai pusat rekreasi dan hiburan warga di jantung kota Singaraja, Taman Kota selalu ramai dikunjungi masyarakat utamanya pada sore hingga malam hari. Selain dapat memanfaatkan waktu untuk berjalan-jalan menikmati ruang terbuka hijau sambil refreshing, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas free hotspot yang disediakan untuk mengakses internet secara gratis di sekitaran Taman Kota. Pengguna internet pun beragam, ada dari kalangan pelajar dan mahasiswa, dan banyak pula dari masyarakat umum.

Di bagian selatan Kota, tepatnya di Kecamatan Sukasada, fasilitas free hotspot disediakan di Tugu Tri Yudha Sakti Sukasada. Dengan kecepatan akses 5 MBps dan menjangkau sampai dengan 200 meter dari pusat akses, free hotspot di Tugu Tiga ini paling banyak digunakan dibandingkan free hotspot di ruang publik lainnya.

Sedangkan di bagian utara Kota, fasilitas free hotspot disediakan di Kawasan Pantai Penimbangan dan Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng. Kawasan yang juga sering dikunjungi pada sore sampai malam hari ini juga merupakan salah satu ruang publik dengan pengguna internet free hotspot yang cukup banyak.

Untuk masyarakat yang belum pernah menggunakan fasilitas free hotspot dari Dinas Kominfosandi Buleleng, ada beberapa langkah yang harus dilakukan :

  1. Hubungkan perangkat ke wifi KOMINFO-FREE , nantinya akan muncul tampilan seperti pada gambar 1.
  2. Dengan klik tombol “GUNAKAN WIFI” maka akan muncul halaman website resmi milik Pemerintah Kabupaten Buleleng yaitu www.bulelengkab.go.id. Sepeti pada gambar 2.
  3. Apabila sudah terhubung ke website, maka masyarakat sudah bisa mengakses internet secara gratis.

 

Selain 4 tempat diatas, free hotspot juga disediakan Kantor Camat Buleleng, Kantor Camat Kubutambahan, Sasana Budaya, dan GOR Bhuana Patra. Diharapkan masyarakat yang berkunjung ke 8 ruang publik dapat memanfaatkan fasilitas free hotspot dari Dinas Kominfosandi ini dengan baik dan positif. (lin)

Sumber: Majalah Singa Manggala Edisi 2/XVII/2017