Rencana & Strategi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2333 Pengunjung

Rancangan & Strategi

BAB I

  PENDAHULUAN
 
1.1. Latar Belakang
Pembangunan bidang komunikasi dan informatika yang merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional perlu dilakukan secara terencana dan terpadu agar dapat dilakukan  secara optimal, efektif, efisien serta tepat sasaran.
Sesuai dengan komitmen Nasional arah pembangunan komunikasi dan informatika mensinergikan entitas sumber daya pembangunan daerah dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal, terwujudnya pemberdayaan masyarakat  dalam kiprah pembangunan, yang kesemuanya itu diselenggarakan dengan prinsip-prinsip kebersamaan, berkeadilan dan berkelanjutan.
Guna menjamin berlangsungnya pembangunan bidang komunikasi dan informatika yang efisien, efektif dan tepat sasaran serta memperhatikan arahan tersebut diatas diperlukan instrumen pertanggungjawaban dalam bentuk Rencana Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng, sebagai langkah awal untuk mengukur kinerja pelaksanaan program, kegiatan pembangunan selama periode waktu yang telah ditetapkan dan hal ini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). 
Rencana Strategis merupakan integrasi antara keahlian sumber daya manusia dan sumber daya lain agar mampu menjawab tantangan perkembangan lingkungan (strategis) regional dan nasional serta tetap berada dalam tatanan sistem manajemen nasional.
Dengan demikian Rencana Strategis merupakan kebutuhan nyata untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang akan dihadapi dimasa mendatang yang terkait pula dengan penerapan sistem pertanggung jawaban pemerintah yang tepat, jelas dan legitimate. 
 
1.2. Batasan Pengertian
Rencana Strategis (Renstra) sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional merupakan rencana pembangunan jangka menengah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode 5 (lima) tahun. Renstra SKPD memuat visi, misi, tujuan  strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai tugas dan fungsi SKPD berpedoman kepada Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan bersifat indikatif.
Fungsi Rencana Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng digunakan sebagai acuan/pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja atau Renja SKPD. Program, kegiatan yang tertuang didalamnya dibiayai dari sumber anggaran APBD II tetapi juga dibiayai dari APBD I.
Dalam pengukuran dan evaluasi akuntabilitas kinerja Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Buleleng digunakan tata cara berdasarkan Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) No. 239/IX/6/8/2003 tanggal 25 Maret 2003 tentang perbaikan pedoman penyusunan pelaporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.
 
1.3. Landasan Hukum
Rencana Strategis Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Buleleng merupakan bagian kerangka/pola Pembangunan Daerah Kabupaten Buleleng, oleh karenanya peraturan perundangan yang dijadikan acuan penyusunannya adalah :
1. Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;
2. Undang-Undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
3. Undang-Undang No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;
 
 
4. Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah daerah;
5. Peraturan Pemerintah No. 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah Pusat, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota;
6. Peraturan Menteri dalam Negeri No. 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;
7. Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 tahun 2005 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali;
8. Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Draft);
 
1.4. Sistematika Penulisan
Dokumen Rencana Strategis Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Buleleng disusun dengan pokok bahasan sebagai berikut :
I. Pendahuluan, menguraikan tentang Latar Belakang, Batasan Pengertian, Landasan Hukum dan Sistematika Penulisan.
II. Kondisi Lingkungan dan Analisis Lingkungan Strategis, memberikan gambaran mengenai tugas pokok dan fungsi, kondisi organisasi saat ini serta  Lingkungan Strategis.
III. Visi, Misi dan faktor Kunci Keberhasilan  menguraikan pernyataan visi, misi, nilai-nilai organisasi perumusan asumsi dan penentuan faktor- faktor kunci keberhasilan dalam rangka mewujudkan visi dan misi tersebut.
IV. Tujuan dan Sasaran Pembangunan, menguraikan lebih rinci tentang tujuan dan sasaran pencapaian pembangunan yang hendak dicapai
V. Cara Mencapai Tujuan dan sasaran, menguraikan arah kebijakan  yang akan ditempuh serta program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
VI. Penutup, berisi tentang pokok-pokok pikiran (kesimpulan) isi rencana strategik ini.
 
BAB II
KONDISI LINGKUNGAN DAN ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
 
2.1. Kondisi Umum
2.1.1. Tugas Pokok dan Fungsi
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 4 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata kerja Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng dan Keputusan Bupati Buleleng Nomor 55 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng, diurutkan bahwa tugas pokok dan fungsi Dinas ini adalah sebagai berikut :
 
2.1.1.1 Tugas Pokok 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi daerah di bidang Komunikasi dan Informatika.
2.1.1.2  Fungsi
Untuk melaksanakan tugas pokok di atas, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng mempunyai fungsi :
a. Perumusan kebijakan teknis dibidang Komunikasi dan Informatika, berdasarkan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Bupati.
b. Pemberian pelayanan informasi kepada masyarakat
c. Peningkatan pemanfaatan peranan komunikasi melalui media massa modern dan tradisional
d. Pengupayaan keamanan hak pengguna sarana dan prasarana komunikasi dan informatika
e. Pemberdayaan kelompok komunikasi sosial masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas jaringan informasi
f. Pengembangan jaringan komunikasi dan informatika antara Kabupaten /Kota, Provinsi dan Pusat dalam rangka mendukung pembangunan daerah.
g. Pemantauan penerangan masyarakat dan sosialisasi produk-produk hukum.
h. Menyelenggarakan koordinasi, pembinaan, pengawasan, dalam rangka penertiban peredaran film dan rekaman video komersial.
i. Pengumpulan , pengolahan dan penyajian data secara Elektronik
j. Pemberian rekomendasi terhadap permohonan perijinan di bidang komunikasi dan informasi sesuai dengan kewenangan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati serta peraturan perundang-undangan yang berlaku
k. Pembinaan terhadap Unit Pelaksanaan Teknis Dinas
l. Pengelolaan tata usaha Dinas. 
 
2.2. Kondisi Organisasi Saat ini.
2.2.1  Susunan Organisasi 
Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 4 Tahun 2008 ditetapkan tertanggal 18 Februari 2008 dan diundangkan tanggal 14 Maret 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng, yang mencakup Bagan Susunan Organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng.
 
STRUKTUR ORGANISASI 
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN BULELENG
 
 
Penjelasan : 
Kepala Dinas
Sekretaris
Kepala Bidang
Kasubag
Kepala Seksi
Kelompok Jabatan Fungsional
Unit Pelaksana Teknis Daerah :
:
:
:
:
:
: 1 Orang dengan eselon II B
1 Orang dengan eselon III A
4 Orang dengan eselon III B
3 Orang dengan eselon IV A
15 Orang dengan eselon IV A
Belum terbentuk
Belum terbentuk
 
2.2.2.   Personalia
Personalia Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng pada saat ini diuraikan dengan rincian berikut ini :
a. Berdasarkan Jenis Kelamin :
- Laki-laki : 32 orang
- Perempuan : 12 orang
b. Berdasarkan Golongan
- Golongan IV : 5  orang
- Golongan III : 27 orang
- Golongan II : 12 orang
- Golongan I :  0  orang
c. Berdasarkan Pendidikan Formal
- Strata II : 2   orang
- Strata I : 15  orang
- Diploma :  5  orang
- SMA/SMK : 22 orang
- SMP :  0  orang
- SD :  0  orang
 
Didasari bahwa kualitas Sumber daya manusia pada Dinas Komunikasi dan Informatika hingga saat ini masih belum memadai dibandingkan dengan tuntutan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas. Oleh karena itu, dipandang perlu diselenggarakan pendidikan dan latihan, baik yang bersifat teknis, operasional, penjenjangan, maupun pendidikan formal yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
2.2.3. Pendanaan
Dalam upaya menunjang kelancaran pelaksanaan tugas, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng setiap tahun memperoleh alokasi dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Buleleng maupun dari dana APBN.
2.2.4. Sarana Prasarana.
Untuk kelancaran pelaksanaan tugas disamping didukung oleh sumber daya manusia dan dana yang memadai, perlu juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang. Adapun sarana prasarana yang dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng adalah sebagai berikut :
No. Jenis Jumlah
1 Kendaraan Roda Empat 3 Buah
2 Kendaraan Roda Dua 23 Buah
3 Komputer 20 Unit
4 Printer 12 Buah
5 Meja Komputer 7 Buah
7 Meja Kerja Pejabat Eselon II 1 Buah
8 kursi Kerja Pejabat Eselon II 1 Buah
9 Meja Kerja Pejabat Eselon III 5 Buah
10 kursi Kerja Pejabat Eselon III 5 Buah
11 Meja Kerja Pegawai  43 Buah
12 Kursi Kerja Pegawai 43 Buah
13 Kursi Tamu 2 Set
14 Filling kabinet 11 Buah
15 Tabung pemadam 2 Buah
16 Rak Kartu kendali 1 Buah
 
 
 
17 White Board 7 Buah
18 TV 1 Buah
19 Kulkas 1 Buah
20 Telepon 2 Buah
22 Fax 1 Buah
23 AC 4 Unit
24 Layar OHP 3 Buah
25 Camcoder 1 Buah
26 Camera Digital 3 Buah
27 Caset Recorder 1 Buah
28 Handycam 1 Buah
29 Mesin Ketik  3 Buah
30 DVD Player 2 Buah
31 LCD Proyektor 2 Buah
32 Power Amplifier 1 Buah
33 Power 3 Buah
34 Ampliflayer 2 Buah
35 Mixer 3 Buah
36 Microphone 12 Buah
37 Equalizer 1 Buah
38 Microphone Wirelless 2 Unit
39 Stand Microphone Fortable 8 Buah
40 Stand Microphone 8 Buah
41 Horn Speaker (Corong) 8 Buah
42 Stand Horn Speaker 8 Buah
43 Speaker  14 Buah
44 Stand Speaker 6 Buah
45  Tone Control 1 Buah
46 Amplifier Wireless 2 Buah
47 Kabel Microphone 12 Rol
48  Kabel Speaker 8 Rol
49 Korden 300 Mtr
 
 
 
 
2.1 Analisis Lingkungan Strategis
Yang dimaksud dengan lingkungan strategis adalah lingkungan internal dan eksternal yang dipastikan dapat berpengaruh terhadap tercapainya visi dan misi organisasi. Lingkungan internal meliputi kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesis). Sedangkan lingkungan eksternal meliputi peluang (apportunities) dan tantangan (threats). Lingkungan strategik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng meliputi ;
1.     Kekuatan (Strengths)
 a. Adanya SOTK Dinas Komunikasi dan Informatika
 b. Jumlah pegawai yang memadai
 c.  Koordinasi intern berjalan dengan baik
 d. Komitmen pimpinan Daerah yang cukup tinggi
 e. Situasi kantor yang cukup nyaman. 
2.     Kelemahan (weakneses)
 a.  Belum memadainya kualitas pegawai
 b. Terbatasnya dana
 c.  Terbatasnya sarana dan prasarana
 d.  Rendahnya kinerja pegawai
 e.  Belum memadainya kesejahteraan pegawai.  
3.    Peluang (Opportunities)
 a.  Adanya UU Nomor. 4 Tahun 2008
 b.  Adanya Kelompok-kelompok komunikasi sosial.
 c. Adanya peranan media massa cetak yang cukup besar dalam menyebarluaskan informasi. 
 d. Adanya peranan media massa elektronik yang cukup besar dalam menyebarluaskan informasi.
 e.  Jumlah penduduk yang cukup besar.
 
 
 
4.     Tantangan (Threats)
a. Adanya krisis kepercayaan masyarakat terhadap informasi dari pemerintah.
b. Belum meratanya informasi ke pelosok desa.
c. Terbatasnya kepemilikan media informasi pada masyarakat.
d. Luasnya wilayah kerja.
e. Terdapatnya wilayah Blank Spot media massa elektronik.
 
 
BAB III
VISI, MISI DAN FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN
 
3.1.    Pernyataan Visi
Sejalan dengan arah pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika serta mempertimbangkan peran dan potensi ke depan perlu dibentuk atau ditetapkan Visi dan Misi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng.
Penetapan visi sebagai bagian dari proses perencanaan pembangunan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menggali gambaran masa depan yang ideal yang akan diwujudkan.
Sehubungan Dengan hal itu, visi dari Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Buleleng adalah : “Terwujudnya Masyarakat Informasi yang sejahtera melalui penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika yang efektif dan efesien”.
Melalui visi tersebut, masyarakat informasi yang hendak diwujudkan adalah masyarakat yang menyadari arti penting informasi bahkan menjadikan informasi itu sebagai kebutuhan pokok seperti halnya kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Tentu saja informasi yang diharapkan menjadi kebutuhan masyarakat itu bukan sembarang informasi, melainkan infrmasi yang bermanfaat bagi kemajuan, kesatuan dan kemandirian masyarakat. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa informasi yang tersebar itu adalah informasi yang berdampak positif bagi kemajuan, kesatuan dan kemandirian masyarakat.  
3.2.    Pernyataan Misi
Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan maka harus disusun misi yang jelas.Misi ini mengandung sesuatu yang harus diemban oleh instansi pemerintah, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. 
 
 
Adapun Misi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulelelng adalah: 
1. Meningkatkan pelayanan kelompok Komunikasi melalui media Pemerintah.
2. Mendorong Pemberdayaan kelompok Komunikasi Sosial dalam menciptakan masyarakat informasi yang demokratis dan menjungjung tinggi nilai-nilai budaya daerah.
3. Meningkatkan pengawasan terhadap teknologi Informasi.
 
3.3 Faktor Kunci Keberhasilan
Faktor kunci keberhasilan (Critical Succes Factors) merupakan faktor yang sangat berperan dalam pencapaian keberhasilan organisasi yang mencakup bidang atau aspek dari misi, tujuan maupun sasaran. Hal ini sangat dimaklumi karena faktor kunci berfungsi untuk lebih memfokuskan strategi organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Faktor-faktor kunci keberhasilan ditetapkan dengan terlebih dahulu menganalisa lingkungan internal dan eksternal yang selanjutnya menentukan tingkat urgensi dan dampak potensialnya yang pada tahap berikutnya menentukan skala prioritas yang paling mendukung.
Dengan memperhatikan pendekatan analisis di atas maka ditetapkan faktor-faktor kunci keberhasilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng sebagai berikut :
1. Memantapkan, memanfaatkan serta melestarikan  sumberdaya manusia yang prospektif sebagai pelaku sistem informasi dan komunikasi.
2. Meningkatkan profesionalisme dan kinerja aparatur serta SDM binaan yang terkait, guna  meningkatkan kualitas dan produktivitas penyelenggaraan pelaksanaan pembangunan.
 
3. Komitmen dukungan dana/anggaran dari Pemerintah  yang berkelanjutan dan berkesinambungan  sesuai standard kegiatan terkait.
4. Mengadakan perbaikan-perbaikan/peningkatan manajemen 
5. pembangunan komunikasi dan informatika, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat melalui kegiatan pembangunan di sektor-sektor prioritas.
6. Memperhatikan, mendayagunakan potensi kearifan budaya lokal yang dijiwai Agama sebagai dasar penciptaan iklim yang kondusif sebagai penangkal kerawanan sosial dan terjadinya konflik sosial yang dapat menghambat pembangunan.
7. Memanfaatkan para praktisi pemerhati bidang komunikasi dan informatika, ilmuwan/ cendikiawan, LSM dan sebagainya untuk saling bahu membahu bekerjasama guna mengatasi permasalahan  yang ada demi kemajuan pembangunan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng.
 
 
BAB IV
TUJUAN DAN SASARAN PEMBANGUNAN
 
Penyusunan misi sebagaimana tersebut di atas sangat erat kaitannya atau menjadi dasar dalam menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, sehingga penyusunan misi akan membawa kepada suatu focus yang menjelaskan eksistensi Dinas Komunikasi dan Informatika  berkiprah dalam pembangunan.
Dengan demikian perumusan tujuan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng disusun berdasarkan misi serta memperhatikan faktor lingkungan strategis, yaitu sebagai berikut :
 
4.1. Tujuan
1. Terciptanya masyarakat yang menyadari akan arti penting Informasi.
2. Terciptanya masyarakat yang menanggapi sumber daya utama untuk   meningkatkan kualitas hidup.
3. Terwujudnya kelompok-kelompok Komunikasi Sosil Kemasyarakatan yang Profesional, maju dan dinamis
4. Terciptanya Komunikasi timbal balik yang selaras, serasi antara pemerintah dan masyarakat dengan berpegangan kepada asas demokrasi dan nilai budatya 
5. Terciptanya pemanfaatan Teknologi Informasi sesuai dengan nilai budaya.  
 
4.2.  Sasaran
1. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap arti penting penggunaan informasi sebagai sumber daya dalam peningkatan kualitas hidup.
2. Meningkatnya partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunanan.
3. Meningkatnya daya kritis masyarakat dalam mengakses informasi guna mengembangkan interaksi sosial yang sehat dan dinamis.
 
 
4. Berkembangnya kelompok komunikasi sosial yang dinamis, akomodatif dan memiliki kemampuan kemitraan di bidang informasi.
5. Terjadinya interaksi positif antara masyarakat dan pemerintah di bidang pembangunan, pemerintah dan kemasyarakatan.
6. Terlaksananya butir-butir master plan sesuai dengan waktu yang ditetapkan
7. Terbentuknya Tim inti Teknologi informasi yang membidangi operasional komputer
8. Berkembangnya dinamika kelompok komunikasi sosial dalam menunjang pembangunan di bidang penyebarluasan informasi
9. Terwujudnya program aplikasi system informasi
10. Merintis pengembangan infrastruktur bagi pengembangan buleleng      On-Line.
11. Terwujudnya koordinasiyang efektif dengan instansi lain di lingkup pemerintah kabupaten buleleng
12. Termanfaatnya basis data pada pusat data dan informasi pembangunan secara efektif bagi masyarakat dan instansi lain. 
 
BAB V
CARA MENCAPAI TUJUAN DAN SASARAN
 
A. Kebijakan
Kebijakan adalah pedoman pelaksanaan tindakan-tindakan tertentu, yaitu tindakan keputusan yang menentukan secara teliti tentang bagaimana strategi akan dilaksanakan yang berfungsi mengatur suatu mekanisme tindakan lanjutan untuk pelaksanaan upaya-upaya pencapaian tujuan dan sasaran.
Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Buleleng menetapkan kebijakan sebagai berikut :
A. Kebijakan Umum
1. Meningkatkan kualitas informasi dan kmunikasi di berbagai bidang  kehidupan masyarakat melalui peningkatan penguasaan dan penerapan teknologi informasi.
2. Peningkatan keterpaduan operasional informasi lintas sektoral
3. Meningkatkan kedudukan, fungsi dan peranan media informasi dan komunikasi yang menghormati asas keadilan
4. Meningkatkan peranan media massa sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah
5. Pelayanan Informasi data yang cepat dan akurat
6. Peningkatan kualitas dan kuantitas operasional pelayanan informasi 
7. Memberdayakan kelompok komunikasi sosial sebagai media informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
B.    Program
Program pada dasarnya merupakan langkah implementasi pelaksanaan kegiatan pembangunan dan merupakan penjabaran secara rinci langkah-langkah yang akan diambil dalam menjabarkan kebijakan pembangunan yang ditetapkan.
Dalam menjabarkan kebijakan yang telah ditetapkan serta untuk mewujudkan sasaran-sasaran yang akan ditempuh, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng mencanangkan program dalam kategori “Urusan Wajib” sebagai berikut :
          I. Program Pengembangan Komunikasi. Informasi dan media massa.  
1 Pembinaan dan pengembangan jaringan Komunikasi dan Informasi
2 Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi
3 Pengadaan Alat studio dan Komunikasi
4 Pengkajian dan pengembangan system Informasi
5 Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Komunikasi dan Informasi
6 Pembinaan dan Pengawasan Pemamfaatan Peranti Lunak
7 Fasilitasi penyebarluasan informasi
8 Pengkajian dan pengembangan website Pemerintah Daerah
9 Perencanaan dan pengembangan SIMDA
10 Pemeliharaan dan pengawasan sumber daya komunikasi dan Informasi
11 Pengembangan Alat-Alat traine Center
12 Penerapan Sistem Informasi
13 Pengkajian dan Penelitian Bidang Komunikasi dan Informasi
 
II. Program Pengkajian dan Penelitian Bidang Komunikasi dan Informasi
1 Pengumpulan dan Pengolahan Data
 
 
III. Program Fasilitas Peningkatan SDM Bidang Komunikasi dan     Informasi
 
1 Pelatihan SDM dalam Bidang Komunikasi dan Informasi
2 Pengadaan Hotspot/Internet Gratis 
3 Pengadaan Running Test/Tulisan Berjalan
4 Pengadaan Software Windows Office dan Anti Virus Original (Asli)
 
IV.  Program Kerjasama Informasi dan Media Massa.
 
1 Penyebarluasan Informasi Pembangunan daerah
2 Penyebarluasan Informasi yang Bersifat Penyuluhan Bagi Masyarakat
3 Penyebarluasan Informasi Pembangunan daerah melalui Peliputan dan Dokumentasi
4 Pembinaan dan Pengembangan KKSM
5 Penyebarluasan Informasi dalam Rangka Tatap Muka dan dialog Interaktif.
 
B. Kegiatan
 Disamping program ada pula kegiatan selain “Urusan Wajib” di atas, beberapa program/kegiatan yang bersifat rutin, yang dilaksanakan pada setiap SKPD (Dinas Komunikasi dan Informatika) adalah sebagai berikut :
I.  Program Pelayanan Administrasi Perkantoran  
1 Penyediaan Jasa Surat-menyurat
2 Penyediaan Jasa Komunikasi Sumber Daya Air dan Listrik
3 Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/ Oprasional
4 Penyedian Jasa Administrasi Keuangan
5 Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor
6 Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja
7 Penyediaan Alat Tulis Kantor
8 Penyediaan Barang Cetakan Pengadaan
9 Penyediaan Kompunen Intalasi Listrik / Penerangan Bangunaan Kantor
10 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
11 Penyediaan Peralatan Rumah Tangga
12 Penyediaan Buku Bacaan dan Peraturan Perundang - Undangan
13 Penyediaan Makan dan Minum
14 Rapat - Rapat Koordinator dan Konsultasi Keluar Daerah / Dalam Daerah
 
II. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana  Aparatur 
1 Pengadaan kendaraan Dinas/Operasional
2 Pengadaan Mabeleir
3 Penyelenggaraan dan Pengadaan Sarana/ Prasarana Upacara
4 Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor
5 Pemeliharaan Rutin Berkala Kendaraan Dinas/ Oprasional
 
III.Program Peningkatan disiplin Aparatur
1 Pengadaan esin/Absensi
2 Pengadaan Pakaian Dinas Beserta Perlengkapannya
3 Pengadaan Pakaian Kerja Lapangan
 
IV.  Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia.
1 Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang - Undangan
 
V. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan dan    Capaian Kinerja dan Keuangan.
1 Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhitisar Realisasi Kinerja SKPD
 
BAB VI
PROSES KAJI ULANG, PEMANTAUAN DAN EVALUASI.
 
Rencana Stategis Dinas Komunikasi dan Informati Kabupaten Buleleng ini merupakan dokumen perencanaan untuk mewujudkan visi pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng lima tahun ke depan yaitu : “Terwujudnya Masyarakat Informasi yang sejahtera melalui penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika yang efektif dan efesien”.
Dokumen ini agar dapat diimplementasikan maka perlu adanya kesepakatan dari berbagai pihak yang terkait mulai saat diadakannya atau diselenggarakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Kecamatan.
Implementasi Rencana Strategis ini perlu dikaji ulang dan dipantau serta dievaluasi untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dan keberhasilan yang telah dicapai serta menyesuaikan dengan perkembangan.
Agar Rencana Strategis yang telah ditetapkan dapat mengikuti berbagai kebijakan dan isu-isu yang berkembang, serta kondisi sosial politik dan ekonomi maka perlu dilakukan tinjauan berkala setiap tahun maupun secara aksidental.
Berdasarkan dua tinjauan itu jika diperlukan revisi Rencana Startegis maka dapat dilakukan revisi.  Proses revisi Rencana Strategis harus mengikuti tahapan-tahapan perencanaan yang sama seperti proses yang telah dilakukan sebelumnya.
 
 
BAB VII
PENUTUP
 
Rencana Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng ini diharapkan dapat menjembatani sebagai komunikasi antara Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika dengan seluruh lapisan masyarakat serta seluruh stake holder. Sangat diharapkan ada/memiliki kesamaan pandangan seluruh lapisan masyarakat kearah mana Komunikasi dan Informatika  akan dikembangkan dan sejauh mana setiap lapisan masyarakat harus berpartisipasi aktif untuk mencapai tujuan bersama tersebut, serta bagaimana kemajuan dan tingkat keberhasilan kelak akan diukur.
Dengan dirumuskan Rencana Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Buleleng tahun 2012-2017 diharapkan semua pelaku pembangunan di lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika akan mengacu pada Renstra yang telah disepakati bersama dan penjabarannya pada setiap tahun awal anggaran akan diterbitkan Rencana Kinerja (Performance Plan) yang kelak akan menjadi pertanggung jawaban Dinas Komunikasi dan Informatika pada publik serta pihak terkait. Formulir Perencanaan Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng tahun 2012-2017 sebagaimana dicantumkan pada daftar terlampir.
Akhirnya semoga Rencana Strategis ini bermanfaat bagi semua pihak.